Sejarah berdirinya CeBIT

I Wayan Warmada


Sejak 15 tahun yang lalu bertemu ribuan penyedia dan pengguna informasi dan telekomunikasi dari seluruh penjuru dunia tiap tahun pada awal tahun di Hannover dalam CeBIT. CeBIT pertama yang diadakan pada tanggal 12 Maret 1986 merupakan hasil dari proses pembuatan keputusan yang panjang dan sukar. Industri komputer menjadi hal utama dari pameran Hannover dan memberikan kontribusi kepada status unik kota ini sebagai kota penyelenggara pameran terbesar di dunia.

Pada akhir tahun 1950an industri peralatan kantor telah menempati posisi ketiga dari keseluruhan peserta pameran di Hannover. Pameran mencerminkan ``boom elektronik'' pada tahun 1960an dan menyediakan landasan bagi peluncuran bermacam-macam teknologi. Pada tahun 1965, Heinz Nixdorf (yang kemudian menjadi salah satu pengusaha terbaik) menampilkan komputer legendaris universal 820.

Pada tahun 1970 Deutsche Messe AG membangun peralatan penting yaitu Hall 1 yang terletak pada pintu bagian utara dari lokasi pameran. Komplek bangunan ini terdiri dari tiga level: pada lantai bawah tanah merupakan garasi dengan luasan parkir berkapasitas 2000 pengunjung; pada lantai dasar meliputi areal seluas 70.300 meter persegi; dan bagian atap dengan 750 kabin-kabin yang terfabrikasi. Pada tahun 1984 Hall 1 dimasukkan ke dalam ``Guiness Book of Records'' sebagai tempat pameran terbesar di dunia.

Pada peresmian hall baru bertepatan dengan pencarian sebuah nama baru untuk kategori pameran. Saran pertama adalah ``CeBOT'' - ``Centrum für Büro- und Organisationstechnik'' (Pusat Teknologi Perkantoran dan Organisasi), namun tidak disetujui oleh komite. Akhirnya komite advisor pameran memutuskan dengan nama ``CeBIT'' - Centrum der Büro- und Informationstechnik'' (Pusat Teknologi Perkantoran dan Informasi). Tidak hanya itu yang menjadi alasan, suku kata akhir BIT (merupakan satuan terkecil dari informasi yang diproses oleh komputer) meliputi perkembangan yang semakin berarti dari pemrosesan data elektronik. Pada tahun 70an, dan semakin besar pada tahun 80an pembuat/perakit PC memadati pameran Hannover, sebagian besar pembicaraan sekitar Bit dan Byte.

Akhirnya pada bulan November 1984 Deutsche Messe AG mengumumkan bahwa dari tahun 1986 tiap tahun akan diadakan pameran CeBIT pada bulan Meret dan pameran Industri empat minggu berikutnya, yaitu bulan April. Penentuan waktu ini tidak begitu mudah dilakukan dan telah didiskusikan sebulan lamanya dengan kepala-kepala eksekutif dari perusahaan-perusahaan dan asosiasi industri yang akan melaksanakan pameran. Penekanan diskusi ini adalah cara pasar yang ingin dikembangkan dan resiko potensial yang menyertainya. Pertanyaan yang sangat penting adalah: ``Apa yang terjadi jika kita tidak melakukan sesuatu?''

Pada tahun 1985 merupakan akhir dari penyatuan pameran Hannover yang menggarisbawahi akan keputusan untuk mempunyai CeBIT sebagai suatu hal yang terpisah. Dibandingan dengan tahun 1970, jumlah peserta pameran TI meningkat duakali lipat menjadi 1.300 dan masih ada 870 perusahaan dalam daftar tunggu. Luas stand pameran yang disewakan dikembangkan menjadi dua setengah kali hingga 130.600 meter persegi, dengan jumlah pengunjung meningkat hingga lima kali lipat. Dengan hampir 7.000 peserta pameran dan lebih dari 800.000 pengunjung, pada tahun 1985 pameran Hannover telah mencapai batas kapasitas maksimum.

Keputusan pembentukan pameran industri untuk peserta pameran teknologi perkantoran, informasi dan komunikasi jauh dari suatu non-kontroversial. Dari pameran Hannover 1985 pemisahan CeBIT merupakan topik pertama dari diskusi. Pro dan kontra masih tetap menjadi perdebatan hangat hingga pelaksanaan CeBIT pertama di tahun 1986.

Peserta pameran, pengunjung dan Deutsche Messe AG melakukan CeBIT pertama dengan suatu percampuran antara ketegangan dan bermacam-macam campuran perasaan yang lain. Pada tanggal 12 Maret 1986 akhirnya pada luasan lebih dari 200.000 meter persegi dengan 2.142 peserta pameran memamerkan hasil-hasil industri teknologi perkantoran, informasi dan telekomunikasi. Pada tahun ini dipadukan bidang telekomunikasi dalam program CeBIT yang pertama kali yang terdiri dari 190 peserta. Pada CeBIT 2001 meliputi lebih dari 1.100 peserta pameran dan lebih dari 100.000 meter persegi khusus mengenai telekomunikasi.

Dengan 334.400 pengunjung pada CeBIT pertama merupakan suatu awal yang sangat baik. Meskipun, debat tentang pemisahan ini masih berlangsung hingga beberapa tahun kemudian. Akhirnya merupakan suatu keputusan yang diambil oleh Deutsche Messe AG dan salah satu pelaksanaan terbesar yang dilaksanakan pada pameran industri internasional. CeBIT berkembang semakin besar dan menempatkannya pada posisi yang sangat kuat dalam pasar pameran industri. Kategori pameran utama menjadi lebih jelas terdefinisi, dan peserta pameran medapatkan kelebihan dalam meningkatkan kapasitas luas untuk memamerkan produk mereka.

Diringkas dari situs http://www.cebit.de

About this document ...

Sejarah CeBIT

This document was generated using the LaTeX2HTML translator Version 99.2beta8 (1.43)

Copyright © 1993, 1994, 1995, 1996, Nikos Drakos, Computer Based Learning Unit, University of Leeds.
Copyright © 1997, 1998, 1999, Ross Moore, Mathematics Department, Macquarie University, Sydney.

The command line arguments were:
latex2html -no_subdir -split 0 -show_section_numbers /tmp/lyx_tmpdir1704v7vSOv/lyx_tmpbuf17044Z0gxe/cebithistory.tex

The translation was initiated by I Wayan Warmada on 2001-03-31


2001-03-31