Riset dan transfer teknologi pada CeBIT 2001

I Wayan Warmada


Seperti pada pameran CeBIT pada tahun terdahulu, pameran CeBIT tahun ini juga memberikan alokasi tempat untuk menampilkan hasil-hasil riset dan transfer energi terbaru dari universitas-universitas dan lembaga riset di Jerman. Bahkan tidak tanggung-tanggung, pihak panitia menyediakan hall khusus untuk jenis pameran ini yaitu pada Hall 16. Kami (beberapa mahasiswa Indonesia yang sedang studi di Jerman, IMW, IWW, Abe, Adang, dan Ariya) biasanya selalu menyempatkan waktu untuk mengunjungi hall ini. Pada Hall 16 ini dapat dijumpai bermacam-macam hasil riset dasar terbaru tentang TI atau yang berkaitan dengan TI. Tidak seperti pada hall-hall lain yang lebih dinamis terutama pada hall-hall yang digunakan oleh kalangan perusahaan yang banyak menampilkan produk-produk terbaru dari mereka, pada hall ini yang bisa dijumpai hanya ide atau konsep baik dalam bentuk software atau prototip hardware yang mendukung kebutuhan perusahaan. Pada tulisan ini akan diuraikan topik-topik yang lagi hangat saat ini, tentunya tidak semua bisa dicakup dalam tulisan ini.

Komunikasi dan multimedia menempati posisi riset yang paling banyak dilakukan oleh lembaga riset dan universitas. Hasil riset komunikasi meliputi, analisis komunikasi heterogen, optimisasi otomatis pemindahan data, landasan sistem komunikasi masa depan, dan simulasi telekomunikasi dan software untuk perencanaan jaringan telekomunikasi yang aman dengan menggunakan bahasa Java.

Yang menarik pada riset multimedia adalah harddisk untuk menyimpan signal video digital tak terkompres yang memiliki kemampuan pemindahan data dalam jumlah sangat besar dengan menggunakan jenis harddisk tipe IDE (harddisk yang murah). Ini terutama untuk aplikasi video standard seperti HDTV 1080p. Jenis pameran yang lain meliputi, multimedia gambar elektronik, call-center virtual yang menggunakan format data XML. Sistem penyiaran audio-video lewat internet juga dipamerkan pada hall ini.

Internet dan keamanan mendapat perhatian yang cukup serius. Hal ini dapat dilihat dari hasil-hasil riset tentang ini cukup beragam. Jenis-jenis hasil riset ini misalnya, keamanan transfer pada peminjaman atau penjualan data elektronik baik berupa video digital, audio, software maupun majalah elektronik. Ditampilkan juga suatu software sebagai mesin pencarian pintar pada internet atau intranet yang diberi nama Oasis. Software ini telah diuji dan berjalan baik pada platform Linux. Untuk keamanan berinternet dikembangkan paket Sic!, yaitu suatu program yang dikembangkan oleh Sirrix khusus untuk jaringan ISDN dengan proteksi transparan (enkripsi dan autentifikasi) dari hubungan ISDN. Peneliti yang lain yaitu membuat Sistem Informasi Kompetitor berbasis Web yang dapat digunakan untuk memonitor dan menganalisis saingannya, yang diberi nama Infoasset (nama perusahaan pembuatnya).

Masih seputar berinternet, E-commerce menjadi bagian dari hasil riset yang dipamerkan pada hall ini. Program-program yang mendukung E-commerce banyak dikembangkan oleh Institut für Wirtschaftsinformatik (Institut Informatika Ekonomi, terjemahan cepat) dan beberapa konsultan di Jerman. Sebagai contoh dikembangkan suatu alat EC-Cockpit yang berguna untuk memberikan saran dan informasi pada jaringan. Dikembangkan juga suatu konsep E-Bisnis yang diintegrasikan dengan tantangan, bisnis dan sistem informasi. Tidak ketinggalan, analisis biaya bisa dilakukan lewat internet.

Pada bidang kedokteran dikembangkan suatu alat bantu komputer untuk fisioterapi tangan. Riset lainnya yang cukup menarik adalah rekaman pasien berbasis web yang dikeluarkan oleh GMD (perhimpunan pengolahan data medis) yang diberi nama solusi E-health. Penggabungan antara sistem klinik yang berbasiskan internet dengan dokter merupakan salah satu syarat untuk penanggulangan kesehatan modern. Dukungan program NTC Medic dengan sistem modular dapat memberikan suatu kemampuan pengambilan dan pemrosesan data secara desentralisasi. Dengan sistem modular ini, penambahan modul baru sebagai suatu fungsi baru dapat dilakukan dengan mudah.

Pada bidang sistem informasi geografi (SIG) dipamerkan geoMDK, suatu katalog Metadata yang berreferensi geografis yang berisi Meta informasi pada data geografi spasial dari negara bagian Saxony. Di samping itu juga dipamerkan alat bantu berbasis SIG untuk perencanaan lingkungan yang menggunakan sistem informasi dan permodelan kompleks. Contoh yang digunakan adalah daerah bagian selatan jerman. Pada tahap awal baru dicoba untuk membuat permodelan radiasi matahari pada sembarang jenis permukaan yang meliputi simulasi dampak lingkungan dan sistem informasi regional.

Saat ini belajar hanya berpatokan pada buku saja atau pada satu tempat sudah merupakan hal yang usang. Ide belajar melalui internet sudah ada beberapa tahun yang lalu. Pada pameran kali inipun ditampilkan cara untuk melakukan pembelajaran jarak jauh. Salah satu hasil riset tentang ini misalnya laboratorium virtual untuk ilmu teknik. Dengan laboratorium virtual ini mahasiswa/siswa dapat belajar seakan-akan bekerja pada perusahaan yang sesungguhnya.

Komputer mobil, robot dan embedded juga merupakan trend bisnis saat ini dan masa depan. Salah satu software yang dikembangkan misalnya Tetrixx yang merupakan sistem unit konstruksi untuk membuat dan memprogram Robot bergerak pada pendidikan dan pelatihan. Sistem ini berisi bagian aluminium, unsur sensorimotor (motor, sensor dan elektronik), mikrokontroler dan software untuk mengontrol alat ini.

About this document ...

Riset dan Transfer Energi

This document was generated using the LaTeX2HTML translator Version 99.2beta8 (1.43)

Copyright © 1993, 1994, 1995, 1996, Nikos Drakos, Computer Based Learning Unit, University of Leeds.
Copyright © 1997, 1998, 1999, Ross Moore, Mathematics Department, Macquarie University, Sydney.

The command line arguments were:
latex2html -no_subdir -split 0 -show_section_numbers /tmp/lyx_tmpdir1704v7vSOv/lyx_tmpbuf1704xz8Il5/teknologie.tex

The translation was initiated by I Wayan Warmada on 2001-03-31


2001-03-31